Saturday, May 22, 2010

To the Wedding by John Berger

Buku ini menarik saat awal cerita dibuka oleh penuturan kisah dari seorang buta penjual tamata. Tamata adalah sebuah objek yang dipakai untuk orang berkaul. Tama bisa terbuat dari alumunium, perak atau emas. Ukurannya seperti kartu kredit.Kata Tama berasal dari kata kerja tazo, yang artinya berjanji. Sebagai gantinya atas janji yang dibuat, orang berharap akan berkat. Misalnya, jika seseorang yang dikasihi sedang sakit, maka doa yang dipanjatkan adalah ia akan menjadi orang yang baik, kalau orang yang dikasihinya sembuh. Cuplikan hidup penjual tamata ini menarik, karena pembaca menjadi paham bagaimana kehidupan penjual tamata yang tidak bisa melihat ini.

Cerita bergulir ketika seorang ingin membeli sebuah tamata untuk anak perempuannya yang akan menikah. Pernikahan putri satu-satunya ini menjadi tidak biasa karena ternyata Ninon, putrinya terkena virus HIV.

Judul To the wedding menjadi sebuah rangkaian cerita perjalanan dari orang tua Ninon yang sudah berpisah lama menuju tempat pernikahannya, perjalanan cinta Ninon dan Gino setelah Ninon dipastikan mengidap HIV. Gino tidak mundur, meskipun Ninon memutuskan untuk meninggalkannya.

Akhirnya Ninon dan Gino menikah, dihadiri oleh kedua orang tuanya, sahabat, saudara dan teman-temannya.

Sayangnya, doa sang ayah yang membeli tamata untuk Ninon, putrinya, tidak disebut dalam cerita ini.

No comments:

Post a Comment