Sunday, January 11, 2009

Reading Magic: why reading aloud to our children will change their lives forever by Mem Fox


Buku ini cocok untuk para ibu-ibu hamil, ibu-ibu yang punya balita, guru Sekolah Minggu atau para ibu guru TK dan semua orang yang punya perhatian pada pendidikan anak usia dini. Sebetulnya, pentingnya membacakan cerita pada anak-anak di usia balita sudah sering terdengar. Tapi Fox merefresh pengetahuna kita tentang pentingnya READ ALOUD melalui buku ini.
READ ALOUD sebetulnya merupakan salah satu cara efektif untuk mengajar anak mengenal huruf hingga membaca TANPA ada unsur tehnik pembelajaran cara membaca secara formal. Tentunya keterlibatan orang tua-maaf, mungkin dalam hal ini para ibu ya...- serta ketersediaan buku di rumah akan menciptakan stimulus positif bagi anak untuk menikmati kegiatan READ ALOUD ini, bahkan sejak hari pertama mereka lahir di dunia ini.
Beberapa manfaat yang disinggung oleh Fox tentang READ ALOUND adalah:
1. mengembangkan ketrampilan berbicara. Menurutnya, semakin sering kita bicara pada anak, semakin cerdas mereka
2. melalui percakapan dalam kegiatan READ ALOUD, maka terciptalah koneksi kasih sayang serta kegembiraan bersama yang ternyata dapat mengembangkan perkembangan IQ anak-anak serta mempertajam otak mereka
3.mendorong kemampuan kedalaman konsentrasi anak, kemampuan memecahkan masalah secara logik serta kemampuan untuk mengekspresikannya dengan lebih mudah dan jelas
Buku ini juga memberi cara bagaiamana agar kegiatan READ ALOUD berhasil dilakukan:
1. ketersediaan buku bacaan di rumah
2. lakukan kegiatan ini sedini mungkin
3. kegiatan ini dapat dilakukan kapan saja kapan saja dan dimana saja. Waktu terbaik adalah saat mau tidur, dengan tempat yang sama, bantal yang sama, waktu yang sama dengan minimal 3 bacaan
4. bacalah buku-bukubitu dengan ekspresi
5. lakukan dengan natural, jangan seperti guru yang mengajar di kelas. Bila perlu buatlah permainan lewat bacaan itu
6. bacalah buku itu lagi, lagi dan lagi
7. binalah relasi yang baik dan harmonis dengan pustakawan.
Buku ini menggunakan bahasa Inggris yang ringan dan mudah dibaca. Jadi, tidak ada waktu terlambat untuk memulai kegiatan READ ALOUD. Ayo bacakan cerita buat anak-anak!!

4 comments:

  1. halo. ibu hanna. please beri saya ontoh langkah langkah konkrit untuk Read Aloud. dan bagaimana aplikasinya di kelas.

    ReplyDelete
  2. Hi Su,
    Langkah kongkrit yang bisa dilakukan adalah dengan memilih buku bacaan atau cerita yang cocok utk usia anak2 yang akan dibacakan ceritanya, cari posisi yang nyaman bagi pencerita dan anak2 yg akan mendengarkan, usahakan perhatian mereka penuh tertuju pada pencerita sebelum kegiatan membaca keras di depan kelas, dan mulailah bercerita. Saat bercerita, pastikan pencerita dapat terus 'menguasai' perhatian anak2 tersebut, bila perlu mengembangkan komunikasi dengan mereka, sejauh anak2 dan pencerita menikmati cerita yang dibacakan. Mudah2an menolong ya. Selamat bercerita.

    ReplyDelete
  3. hallo bu hanna...
    salam kenal..

    saya ingin sekali mempraktekkan 'Read Aloud' di kelas saya, bahasa Inggris kelas tujuh. dari berbagai contoh yg sudah ada, Read loud ini memang sangat cocok untuk pembelajaran narrative text:folk tales, fabel,etc. Tapi saya ingin menerapkan dalam mengajar 'Descriptive",bagaimana menggambarkan orang, binatang, benda atau suatu tempat tertentu. Mohon sarannya, terutama dalam langkah-langkah ataupun tips yang tepat. terima kasih

    ReplyDelete
  4. Read Aloud bisa dikembangkan sesuai dengan situasi dan kondisi kita. Ada seorang guru yang menyiapkan kertas A3 dan membuat gambar dari sebuah cerita yang ingin disampaikannya. Bisa juga menggunakan boneka tangan yang skarang banyak tersedia di toko2 buku. Bercerita sambil menggambar juga menarik. Kalau kesulitan menggambar sendiri, boneka binatang, peta, atau fisik benda yang dimaksud bisa juga dibawa serta saat bercerita. Anak-anak bisa diajak turut serta mendeskripsikan benda tersebut bersama-sama. Mudah-mudahan membantu.

    ReplyDelete